Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Inilah Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan mental.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pemabayaran “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental — Laporan menunjukkan bahwa hampir dua pertiga dari orang yang makan diet berkualitas tinggi setiap hari tidak memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sedangkan jumlah mereka yang makan diet berkualitas rendah menghadapi masalah kesehatan mental adalah dua kali lipatnya. Ini menandakan bahwa apa yang anda makan dapat memperngaruhi kesehatan mental anda.

Penelitian tentang hubungan antara diet dan kesehatan mental telah berkembang. Bukti terbaru menunjukan bahwa nutrisi yang baik sangat enting bagi kesehatan mental anda. Selain berdampak pada kesehatan mental jangka pendek dan panjang, bukti juga menunjukkan bahwa makanan berkontibusi penting dalam perkembangan, pengaturan dan pencegahan masalah kesehatan mental tertentu seperti depresi, skizofrenia, defisit perhatian, gangguan hiperaktif, dan penyakit Alzheimer. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan pengaruh dari faktor makanan terhadap kondisi kesehatan mental.

Berikut pola makan yang menyehatkan mental

√ Makan dengan rasa syukur

Hampir semua agama mengajarkan untuk selalu bersyukur sebelum menikmati makanan. Kegiatan ini membantu Anda membangun “sikap syukur” dalam diri Anda. Rasa syukur telah terbukti memerangi depresi dan meningkatkan kedamaian batin dan kualitas hidup.

Bentuk rasa syukur dapat berupa ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta atau Anda bisa diam sejenak merenungkan apa yang telah Anda makan. Biarkan rasa syukur meresap ke dalam hati Anda dan Anda akan mendapatkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

√ Sarapan teratur

Melewatkan sarapan berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental Anda. Sarapan teratur akan membantu memberi energi pada tubuh dan otak Anda. Setelah lama tertidur, makanan bisa menjadi metabolisme untuk hari Anda. Melewatkan sarapan menyebabkan kelelahan dan menimbulkan perasaan “lingkung.”

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan sarapan sebagai makanan penting dalam rutinitas Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu di pagi hari, Anda dapat mempertimbangkan granola bar gandum, yogurt dan sepotong buah sebagai awal yang baik.

√ Minumlah air daripada minuman manis

Minuman manis dan jumlah kafein berlebih adalah hal yang harus Anda hindari. Minuman manis memiliki banyak kalori dan merusak enamel gigi, sementara mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat memicu serangan panik pada orang yang memiliki gangguan kecemasan.

Sebaliknya, Anda harus mencegah dehidrasi dengan minum setidaknya 8 gelas air sehari (sekitar 2 liter). Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan efek seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan perubahan suasana hati, bersamaan dengan efek fisik seperti haus, penurunan atau urin berwarna gelap, kulit kering, sakit kepala, pusing dan/atau sembelit. Jikalau Anda perlu kafein, teh adalah alternatif yang baik. Teh memiliki jumlah kafein yang lebih rendah daripada kopi. Selain itu, teh mengandung banyak antioksidan-bahan kimia untuk membantu melindungi jaringan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

√ Sediakan folat (asam folat, vitamin B9)

Apakah Anda tahu bahwa vitamin dapat menurunkan risiko depresi? Folat, juga dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi penting untuk tubuh! Asam folat biasanya dianjurkan pada wanita hamil namun pada kenyataannya, setiap orang perlu asam folat untuk produksi sel. Selain mengobati anemia dan beberapa kondisi lain, folat dapat membantu dalam mengobati depresi. Defisiensi folat dapat menyebabkan perkembangan penyakit depresi. Anda dapat menemukan folat dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum utuh.

√ Jangan lupa akan vitamin D

Orang yang kekurangan vitamin D dilaporkan memiliki tingkat depresi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki vitamin D dalam kadar yang cukup. Peran vitamin D adalah untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk gigi dan tulang yang kuat, dan mendukung kesehatan otot dan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin D, Anda berada pada risiko penyakit jantung seperti serangan jantung.

Salah satu cara bagi tubuh kita untuk mendapatkan vitamin D adalah dari makanan dan dari sinar matahari. Terkena paparan sinar matahari selama lima sampai tiga puluh menit dua kali seminggu umumnya menghasilkan cukup vitamin D. Orang yang berkulit lebih gelap mungkin membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari daripada orang yang berkulit lebih putih. Pertimbangan aman untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah dengan menambahkan makanan yang tinggi vitamin D pada diet Anda seperti susu, jus jeruk, sereal, lemak ikan seperti salmon dan tuna. Jika Anda takut kekurangan vitamin D, Anda dapat menggunakan suplemen vitamin D setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Anda adalah apa yang Anda makan.” Apa yang Anda makan akan menjadi bahan bakar bagi tubuh Anda agar berfungsi dan memberi dampak pada seberapa baik pikiran dan tubuh Anda bekerja. Jadi jika Anda ingin mencegah masalah mental, Anda dapat mengubah diet Anda.

Mengetahui kandungan gizi yang kita makan

Informasi mengenai kandungan nutrisi yang Anda makan akan membuat perasaan lebih tenang. Kekhawatiran Anda tentang efek buruk makanan akan berkurang.

Pengetahuan Anda tentang makanan akan membantu Anda dalam mengatur pola makan dan nutrisi setiap harinya. Hal ini tentu saja, akan mempermudah Anda dalam membuat perubahan yang Anda butuhkan.

Makanlah perlahan dan kunyahlah dua kali lebih lama dari biasanya

Ini adalah salah satu cara untuk menikmati makanan berat atau kecil yang kita konsumsi. Luangkan waktu Anda sejenak untuk makan dengan posisi duduk.

Anda bisa makan dengan perlahan sehingga memungkinkan pencernaan Anda bekerja secara optimal. Aktivitas ini akan membantu Anda menghilangkan stres dan memungkinkan pikiran Anda beristirahat sejenak.

Jangan berbicara saat makan

Tidak salah orang tua kita selalu mengingatkan untuk diam saat makan. Saat diam kita akan lebih damai dan tenang saat makan. Semua indra kita akan selaras dalam menikmati aktivitas saat makan. Indra perasa atau lidah Anda akan merasakan gulungan makanan dan tekstur makanan di mulut.

Indra penciuman akan aktif saat Anda menikmati makanan. Makan dengan cara diam merupakan cara yang bagus untuk memberikan kesempatan kepada mental Anda untuk beristirahat dan ini akan mengurangi stres. Tak hanya tentang pemilihan menu yang sehat, pola makan juga mencakup hingga cara kita makan.

Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s