Blog

Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

Sebagian besar dari kita sadar beberapa penyebab yang meningkatkan risiko kanker, seperti merokok atau faktor keturunan. Di sisi lain terdapat Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terpercaya yang secara profesional telah banyak menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dengan pelayanan terbaik kami yakni “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran” Kami menyediakan berbagai macam obat herbal yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Salah satunya menyediakan Pro Cleansing Tea yang merupakan Obat Untuk Mencegah Sakit Gigi. Disini kami tidak hanya memberikan informasi mengenai produk-produk kami, karena kami juga akan memberikan info mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya adalah memberikan informasi mengenai Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker berikut ini.

kebiasaan-yang-dapat-tingkatkan-risiko-kanker

Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker — Dalam kehidupan yang serba instan dan modern ini banyak kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya tanpa anda ketahuia bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok bisa menyebabkan kanker, baik itu kanker mulut ataupun kanker paru-paru, dan berdiri terlalu lama di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit.

Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa kebiasaan kecil mereka sehari-hari ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya kanker. Kebiasaan seperti duduk terlalu lama, memilih minuman bersoda, dan kerja pada giliran malam adalah beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya kanker.

Berikut kebiasaan yang tingkatan risiko terkena kanker

  • Douching

Douching merupakan metode untuk membilas atau mencuci vagina dengan cara menyemprotkan cairan berupa campuran air dan cuka ke dalam vagina. Studi terbaru menemukan douching dapat meningkatkan risiko kanker ovarium dua kali lipat. Selain itu, studi sebelumnya juga menemukan hubungan antara douching dan kanker serviks.

  • Kosmetik

Meski sebagian besar kosmetik telah lulus dari berbagai tes keamanan, ada beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kanker. Misalnya, studi pada 2008 menemukan bahwa logam berat pada kosmetik dapat diserap tubuh melalui kulit, dan lama kelamaan dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk kanker.

  • Menggunakan bedak talek

Douching bukan satu-satunya kegiatan khas wanita yang bisa meningkatkan risiko kanker tanpa disadari. Menggunakan bedak talek pada alat kelamin atau pembalut juga dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Meski demikian, banyak faktor lain yang dapat berperan dalam pengembangan kanker ini, seperti berat badan, penggunaan hormon selama menopause, dan kebiasaan merokok.

  • Salah menggunakan tabir surya

Sebagian orang mungkin paham akan pentingnya penggunaan berulang tabir surya untuk mencegah perkembangan kanker kulit. Namun, ada sebagian orang yang meremehkan pentingnya mengulang pemakaian tabir surya. Menurut Skin Cancer Foundation, jika Anda berencana menghabiskan waktu lama berada di bawah paparan sinar matahari, tabir surya harus dipakai berulang tiap dua jam sekali.

Penting juga untuk memperhatikan jumlah tabir surya yang dipakai. Jika jumlahnya kurang dari yang dianjurkan, artinya SPF yang ada dikulit lebih sedikit dibanding dengan jumlah yang tercantum di kemasan. Terakhir, gunakan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum Anda beraktivitas di bawah sinar Matahari, agar nutrisi pada produk bisa sepenuhnya lekat pada kulit.

  • Minum alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol terkait dengan risiko besar beberapa jenis kanker. Di antaranya kanker mulut, esofagus, faring, hati, usus besar, rektum dan payudara. Semakin banyak Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, semakin meningkat pula risiko kankernya.

Nah itulah Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker yang mungkin belum anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak

Kebiasaan Yang Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

Advertisements

Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak

Akibat kekurangan lemak bagi tubuh tentu saja sangatlah berbahaya sama seperti ketika tubuh kekurangan karbohidrat dan nutrisi penting lainnya. Untuk itu sebaiknya simak informasi di bawah mengenai Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak

Sebelumnya selamat datang kembali di salah satu website resmi milik Alfian Herbal, agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal berkhasiat untuk menyembuhkan segala penyakit baik penyakit akut maupun penyakit kronis. Di kesempatan ini seperti biasa kami akan memberikan informasi seputar dunia kesehatan. Nah, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kali ini kami akan membahas mengenai Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak. Berikut uraiannya.

gangguan-kesehatan-akibat-kurang-makan-lemak

Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak — Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang langsing, sexy dan proporsional. Tak jarang mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut salah satunya yaitu dengan berdiet.

Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab tubuh gemuk dan bertambah berat badan adalah karena terlalu banyak asupan lemak yang dikonsumsi. Mengonsumsi lemak yang berlebihan memang dapat menumpuk pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha dan lengan. Sebab lemak sulit untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, kelebihan lemak dalam tubuh juga dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah hingga stroke.

Meskipun begitu lemak juga memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Yaitu sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh, melancarkan sistem metabolisme tubuh, pelindung tubuh dari perubahan suhu, pelindung organ vital tubuh,  sebagai alat pengangkut vitamin yang dapat larut di dalam lemak itu sendiri dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, meskipun Anda sedang berdiet Anda tidak boleh menjauhi asupan lemak. Sebab hal ini tentu saja dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya, lantas apa saja dampak dan akibatnya jika tubuh kekurangan?

Berikut ini Akibat Kurang Asupan Lemak

  • Gangguan penyerapan vitamin

Kelompok vitamin larut lemak yang terdiri dari vitamin A, D, E, dan K adalah vitamin yang membutuhkan lemak untuk diserap oleh tubuh. Saat kita mengkonsumsi makanan, vitamin tersebut akan larut bersama lemak sebelum diserap oleh tubuh, namun jika lemak yang dikonsumsi terlalu sedikit maka akan menyebabkan vitamin larut lemak tidak diserap dengan sempurna dan akhirnya terbuang percuma. Akibatnya, jika terjadi terus menerus akan menyebabkan tubuh mengalami defisiensi vitamin.

  • Meningkatkan risiko kanker usus, payudara, dan prostat

Asam lemak esensial adalah komponen yang dibutuhkan oleh tubuh dan terdapat dalam lemak makanan. Salah satu bentuk asam lemak esensial adalah omega 3s yang diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di usus, payudara, dan prostat. Maka, kekurangan omega 3 s akan dapat meningkatkan risiko dan mempercepat pertumbuhan sel kanker.

  • Rendahnya hormon testosteron

Salah satu penelitian oleh Wang menunjukan penurunan kadar hormon sebesar 12% testosteron pada laki-laki yang mengurangi konsumsi lemak selama 8 minggu. Hormon testosteron dan hormon lainnya diproduksi dari kolesterol yang berasal dari lemak makanan. Rendahnya hormon testosteron akan berdampak pada pengurangan massa otot, depresi, osteoporosis, dan berkurangnya libido.

  • Gangguan reproduksi pada perempuan

Kekurangan konsumsi lemak menyebabkan masalah yang lebih serius pada perempuan akibat gangguan keseimbangan hormon reproduksi. Jika tubuh kekurangan asupan lemak karena asupan makanan yang terlalu sedikit, ini akan dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu atau bahkan terhenti.  Bahkan perempuan yang memiliki berat badan dan proporsi lemak tubuh yang kurang akan menyebabkan kesulitan untuk mengalami kehamilan. Dampak lainnya adalah jika siklus menstruasi berhenti karena lemak tidak mencukupi, ini bisa menyebabkan gejala seperti menopause atau premature ovary failure.

  • Kelaparan

Konsumsi lemak yang memenuhi kebutuhan tubuh akan memberikan rasa kenyang dan bertahan lebih lama, terutama jika kita memakan makanan makanan olahan dengan label “rendah lemak”. Namun perlu diketahui bahwa makanan olahan mengandung gula tambahan atau bahan pemanis lainnya.  Efek dari kelaparan adalah kita cenderung menghabiskan makanan lainnya atau memakan camilan sehingga secara langsung kita malah memakan lebih banyak makanan.  Dampak secara tidak langsung adalah kegemukan karena  konsumsi gula yang lebih banyak.

  • Kadar kolesterol meningkat

Saat konsumsi lemak menurun begitu juga produksi kadar HDL oleh asam lemak esensial dalam tubuh. HDL atau yang dikenal dengan kadar kolesterol baik berfungsi mentransport lemak jahat atau LDL ke liver untuk disekresi. Jika HDL lebih sedikit dibandingkan LDL, maka kadar LDL dalam darah akan menjadi lebih banyak. Kondisi inilah yang dapat memicu penyakit jantung.

  • Gangguan kesehatan mental

Lemak dalam makanan memiliki beberapa komponen yang membantu dalam kesehatan otak. Jika seseorang mengonsumsi lemak terlalu rendah, kemungkinan tubuh mengalami kekurangan omega 3s dan omega 6s. Keduanya berperan dalam berbagai produksi hormon dan cairan kimia otak serta berperan dalam mengatur mood dan perilaku. Akibat dari kekurangan asam lemak tersebut adalah gejala bipolar, gangguan makan, dan kekurangan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Nah, itulah Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak yang wajib anda ketahui supaya jadi pertimbangan pada saat diet lemak. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Makan Lemak

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Inilah Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan mental.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pemabayaran “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental — Laporan menunjukkan bahwa hampir dua pertiga dari orang yang makan diet berkualitas tinggi setiap hari tidak memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sedangkan jumlah mereka yang makan diet berkualitas rendah menghadapi masalah kesehatan mental adalah dua kali lipatnya. Ini menandakan bahwa apa yang anda makan dapat memperngaruhi kesehatan mental anda.

Penelitian tentang hubungan antara diet dan kesehatan mental telah berkembang. Bukti terbaru menunjukan bahwa nutrisi yang baik sangat enting bagi kesehatan mental anda. Selain berdampak pada kesehatan mental jangka pendek dan panjang, bukti juga menunjukkan bahwa makanan berkontibusi penting dalam perkembangan, pengaturan dan pencegahan masalah kesehatan mental tertentu seperti depresi, skizofrenia, defisit perhatian, gangguan hiperaktif, dan penyakit Alzheimer. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan pengaruh dari faktor makanan terhadap kondisi kesehatan mental.

Berikut pola makan yang menyehatkan mental

√ Makan dengan rasa syukur

Hampir semua agama mengajarkan untuk selalu bersyukur sebelum menikmati makanan. Kegiatan ini membantu Anda membangun “sikap syukur” dalam diri Anda. Rasa syukur telah terbukti memerangi depresi dan meningkatkan kedamaian batin dan kualitas hidup.

Bentuk rasa syukur dapat berupa ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta atau Anda bisa diam sejenak merenungkan apa yang telah Anda makan. Biarkan rasa syukur meresap ke dalam hati Anda dan Anda akan mendapatkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

√ Sarapan teratur

Melewatkan sarapan berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental Anda. Sarapan teratur akan membantu memberi energi pada tubuh dan otak Anda. Setelah lama tertidur, makanan bisa menjadi metabolisme untuk hari Anda. Melewatkan sarapan menyebabkan kelelahan dan menimbulkan perasaan “lingkung.”

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan sarapan sebagai makanan penting dalam rutinitas Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu di pagi hari, Anda dapat mempertimbangkan granola bar gandum, yogurt dan sepotong buah sebagai awal yang baik.

√ Minumlah air daripada minuman manis

Minuman manis dan jumlah kafein berlebih adalah hal yang harus Anda hindari. Minuman manis memiliki banyak kalori dan merusak enamel gigi, sementara mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat memicu serangan panik pada orang yang memiliki gangguan kecemasan.

Sebaliknya, Anda harus mencegah dehidrasi dengan minum setidaknya 8 gelas air sehari (sekitar 2 liter). Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan efek seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan perubahan suasana hati, bersamaan dengan efek fisik seperti haus, penurunan atau urin berwarna gelap, kulit kering, sakit kepala, pusing dan/atau sembelit. Jikalau Anda perlu kafein, teh adalah alternatif yang baik. Teh memiliki jumlah kafein yang lebih rendah daripada kopi. Selain itu, teh mengandung banyak antioksidan-bahan kimia untuk membantu melindungi jaringan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

√ Sediakan folat (asam folat, vitamin B9)

Apakah Anda tahu bahwa vitamin dapat menurunkan risiko depresi? Folat, juga dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi penting untuk tubuh! Asam folat biasanya dianjurkan pada wanita hamil namun pada kenyataannya, setiap orang perlu asam folat untuk produksi sel. Selain mengobati anemia dan beberapa kondisi lain, folat dapat membantu dalam mengobati depresi. Defisiensi folat dapat menyebabkan perkembangan penyakit depresi. Anda dapat menemukan folat dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum utuh.

√ Jangan lupa akan vitamin D

Orang yang kekurangan vitamin D dilaporkan memiliki tingkat depresi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki vitamin D dalam kadar yang cukup. Peran vitamin D adalah untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk gigi dan tulang yang kuat, dan mendukung kesehatan otot dan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin D, Anda berada pada risiko penyakit jantung seperti serangan jantung.

Salah satu cara bagi tubuh kita untuk mendapatkan vitamin D adalah dari makanan dan dari sinar matahari. Terkena paparan sinar matahari selama lima sampai tiga puluh menit dua kali seminggu umumnya menghasilkan cukup vitamin D. Orang yang berkulit lebih gelap mungkin membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari daripada orang yang berkulit lebih putih. Pertimbangan aman untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah dengan menambahkan makanan yang tinggi vitamin D pada diet Anda seperti susu, jus jeruk, sereal, lemak ikan seperti salmon dan tuna. Jika Anda takut kekurangan vitamin D, Anda dapat menggunakan suplemen vitamin D setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Anda adalah apa yang Anda makan.” Apa yang Anda makan akan menjadi bahan bakar bagi tubuh Anda agar berfungsi dan memberi dampak pada seberapa baik pikiran dan tubuh Anda bekerja. Jadi jika Anda ingin mencegah masalah mental, Anda dapat mengubah diet Anda.

Mengetahui kandungan gizi yang kita makan

Informasi mengenai kandungan nutrisi yang Anda makan akan membuat perasaan lebih tenang. Kekhawatiran Anda tentang efek buruk makanan akan berkurang.

Pengetahuan Anda tentang makanan akan membantu Anda dalam mengatur pola makan dan nutrisi setiap harinya. Hal ini tentu saja, akan mempermudah Anda dalam membuat perubahan yang Anda butuhkan.

Makanlah perlahan dan kunyahlah dua kali lebih lama dari biasanya

Ini adalah salah satu cara untuk menikmati makanan berat atau kecil yang kita konsumsi. Luangkan waktu Anda sejenak untuk makan dengan posisi duduk.

Anda bisa makan dengan perlahan sehingga memungkinkan pencernaan Anda bekerja secara optimal. Aktivitas ini akan membantu Anda menghilangkan stres dan memungkinkan pikiran Anda beristirahat sejenak.

Jangan berbicara saat makan

Tidak salah orang tua kita selalu mengingatkan untuk diam saat makan. Saat diam kita akan lebih damai dan tenang saat makan. Semua indra kita akan selaras dalam menikmati aktivitas saat makan. Indra perasa atau lidah Anda akan merasakan gulungan makanan dan tekstur makanan di mulut.

Indra penciuman akan aktif saat Anda menikmati makanan. Makan dengan cara diam merupakan cara yang bagus untuk memberikan kesempatan kepada mental Anda untuk beristirahat dan ini akan mengurangi stres. Tak hanya tentang pemilihan menu yang sehat, pola makan juga mencakup hingga cara kita makan.

Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Mental

Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol sudah lama dikenal sebagai minuman yang berbahaya untuk kesehatan. Terlebih bagi mereka yang pecandu alkohol, mereka berpeluang menderita berbagai macam penyakit bahkan kanker. Ada kurang lebih 7 Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol

Selamat datang kembali di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami juga melayani pesanan ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol

Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol

Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol — Ada banyak sekali berbagai pola hidup yang tidak sehat dan terkadang seseorang tidak memperdulikan berbagai hal seperti ini, dan pastinya mereka akan terus mengkonsumsi dan menjadikan pola hidup yang tidak sehat itu, seperti halnya dengan mengkonsumsi alcohol.

Sudah ada banyak sekali seseorang yang meninggal akibat alcohol, karena alkohol ini sendiri merupakan suatu minuman yang sangat buruk bagi kesehatan, karena dapat merusak jantung, hati, dan berbagai organ-organ vital yang lainnya. Hanya dengan pola hidup yang tidak seimbang dan tidak sehat akan mengakibatkan hal-hal mengerikan tersebut.

Yang perlu anda ketahui, mengkonsumsi alkohol bukan hanya dapat merusak organ vital, tetapi juga memicu timbulnya kanker. Di mana kanker ini merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan bagi kehidupan manusia, karena kanker akan menjangkit semua organ tubuhnya dan kanker sendiri ada beraneka macam jenisnya, setiap kanker memiliki perbedaan yang sangat menonjol dan ternyata mengkonsumsi alkohol dapat memicu pertumbuhan 7 jenis kanker yang berbeda-beda.

Sebuah studi baru mengaitkan alkohol dengan tujuh macam kanker. Menulis di dalam jurnal Addiction, para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru mengatakan alkohol memiliki hubungan kausal dengan kanker orofaring (bagian tengah tenggorokan), laring (tenggorokan), esofagus (kerongkongan), hati, usus besar, rektum dan payudara perempuan.

Meski sudah ada bukti hubungan antara alkohol dan kanker, studi ini mengklaim bahwa hubungannya adalah kausal, yang artinya “langsung menyebabkan kanker.”

Studi ini berskala besar, mencakup 10 tahun data global yang dikumpulkan oleh kelompok-kelompok seperti Dana Riset Kanker Dunia dan Institut Riset Kanker Amerika serta Badan Internasional untuk Riset Kanker.

Risiko kanker karena alkohol tertinggi di kalangan peminum berat, namun berdampak juga pada peminum ringan dan moderat.

Menurut studi tersebut, alkohol bertanggung jawab atas 5,8 persen dari semua kematian akibat kanker tahun 2012.

Kita tahu bahwa sembilan dari 10 orang tidak menyadari adanya kaitan antara alkohol dan kanker,” ujar Jana Witt dari Cancer Research UK, yang tidak berkontribusi pada studi, kepada surat kabar The Guardian. “Dan studi ini merupakan pengingat yang jelas adanya bukti kuat yang mengaitkan keduanya.”

Dan jika Anda berpikir minum sedikit anggur dapat membantu melawan penyakit kardiovaskuler atau jantung, studi baru ini menemukan bahwa “bukti bahwa minum secara moderat memberikan perlindungan atas penyakit kardiovaskuler tidak kuat.”

Meskipun demikian, masih tetap saja banyak orang yang mengkonsumsi alkohol dan meneruskan kebiasaan buruk di dalam dirinya. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari pola hidup seperti ini. Lebih baik anda mengonsumsi aneka buah-buahan dan sayuran, selain memiliki rasa yang manis tentunya anda pun juga bisa mengombinasikan berbagai makanan dengan kedua makanan sehat tersebut, seperti halnya dengan membuat jus, kue maupun aneka makanan yang lainnya.

Selain itu  ada juga berbagai macam bukti lainnya yang juga menunjukkan hubungan yang kuat antara alkohol dan kanker lainnya, seperti halnya kanker prostat, kanker pancreas, dan melanoma atau kanker kulit. Akan tetapi bukti tersebut tidak cukup kuat bagi para peneliti untuk menyimpulkan jika ada hubungan sebab akibat antara minum alkohol dengan 3 kanker tadi.

Hal ini terjadi karena senyawa yang terbentuk ketika alkohol diminum dapat melakukan perusakan pada sel, dengan begitu alkohol akan bertanggung jawab dalam pengembangan kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan dan hati. Senyawa ini disebut dengan senyawa acetogenin, hal yang satu ini juga sangat berpengaruh dengan alkohol yang tentunya bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang mematikan.

Nah, jika anda sudah mengetahui dampak buruk dari mengkonsumsi alcohol, kini anda bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan beralih pada kebiasaan baik dan sehat. Serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Demikian informasi seputar Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol. Semoga apa yang kami uraikan diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk update informasi mengenai kesehatan lainnya.

Jenis Kanker Yang Berkaitan Erat Dengan Alkohol

Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar

Penting untuk anda ketahui bahwa pakaian dalam yang kamu gunakan juga harus dirawat dengan benar. Nah, pada kesempatan posting kali ini kami akan mengutif penbahasan mengenai Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, kami juga melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar

Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar

Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar  — Semua kesehatan berasal dari hidup yang sehat, salah satu contohnya ialah dengan mencuci segala sesuatu yang kita pakai, terutama pada pakaian.

Bagi seorang wanita pakaian yang sangat dibutuhkan tingkat kebersihannya ialah, pakaian dalam. Celana dalam, kutang (bra), celana ketat (stoking) yang menjadi kebutuhan utama para wanita ini akan membantu seorang wanita untuk bisa merasakan kenyamanan saat melalukan aktivitas sehari-harinya.

Saat pakaian tersebut telah digunakan seharian, maka saat itulah kita perlu mencucinya untuk menjauhkan segala kotoran yang telah menempel.

Namun dalam mencuci beberapa pakaian dalam ini seringkali terlihat sepele dan gampang, dikarenakan ukurannya yang lebih kecil dan memudahkan saat mencuci hingga mengeringkannya. Selain itu kebanyakan wanita tidak mencuci dengan cara yang tepat, dan bahkan banyak wanita cenderung memakai pakaian dalam seperti bra dan stoking selama berhari-hari dan baru mencucinya ketika mereka menemukan noda kotoran atau mencium bau kotor, dan hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan Miss V para wanita.

Menurut para dokter, mencuci pakaian dalam dengan cara seperti itu memiliki konsekuensi buruk terhadap kesehatan Miss V. Pasalnya, celana ketat atau stocking berasal dari bahan sintesis sejenis spandex dan nilon. Jenis kain tersebut memang memiliki sifat hangat yang tinggi pada tubuh kita, namun jika digunakan terlalu lama akan menyebabkan kelemababan – apalagi jika pencuciannya tidak benar dapat menumbuhkan bakteri-bakteri yang menempel pada bagian tubuh.

Radhika Rible seorang dokter Obstetri dan Ginekologi, Los Angeles mengatakan, “Faktor-faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita terinfeksi UTI atau Urinary Tract Infection ketika mereka menggunakan pakaian dalam sejenis celana ketat (stocking) tanpa dilapisi bahan katun di bawahnya“. Dikutip dari laman Dailymail.

Hal tersebut terjadi saat keringat yang terdapat pada tubuh dalam waktu yang lama menyebabkan pertumbuhan bakteri ada pada skala yang tinggi dan berlebih, dan hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi karna udara yang lembab pada daerah Miss V atau pun pada area kulit sekitar yang mengakibatkan infeksi UTI atau tumbuhnya jerawat pada area Miss V.

cara mencuci yang benar

  • Tidak menggunakan mesin cuci

Banyak orang yang menggunakan mesin cuci untuk saat membersihkan pakaian dalamnya dengan alasan lebih simpel dan cepat. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan. Karena mesin cuci hanya akan merusak kain dari pakaian dalam.

  • Tidak dicampur dengan pakaian lain

Saat Anda akan mencuci, pastikan agar Anda memisahkan pakaian dalam dengan pakaian lain. Hal ini untuk mencegah agar pakaian dari pakaian dalam tidak mengkontaminasi pakaian lain, begitu juga sebaliknya.

  • Menggunakan shampoo bayi

Untuk menjaga bahan pakaian dalam, sebaiknya Anda menggunakan deterjen khusus untuk pakaian dalam. Namun jika Anda tidak punya waktu untuk membelinya, Anda bisa menggunakan shampoo bayi.

  • Jangan gunakan pemutih

Sebaiknya Anda memisahkan pakaian dalam yang berwarna dengan yang putih. Hal ini untuk mencegah agar yang putih tidak terkena luntur. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan pemutih untuk mencuci yang berwarna putih karena hal tersebut akan membuat kain dan benang lebih mudah untuk rapuh dan robek. Kalaupun pakaian Anda memiliki noda yang tidak bisa hilang dengan sabun biasa, sebaiknya Anda menggunakan cuka atau lemon.

  • Tidak merendam

Anda mungkin berniat merendam pakaian dalam karena ada noda cepat hilang. Namun cara ini sebenarnya tidak efektif. Akan lebih baik jika Anda langsung mencucinya.

  • Periksa kaitan bra

Bagi Anda para wanita, sebaiknya Anda memperhatikan kaitan bra saat akan mencuci. Pastikan kaitan bra sudah terkancing agar tangan Anda tidak terluka karena besi pengait.

  • Tidak diperas

Setelah selesai mencuci, jangan pernah memeras pakaian dalam. Hal ini akan membuatnya cepat rusak. Untuk mengurangi kadar airnya, sebaiknya Anda mengibaskannya atau menggunakan mesin pengering.

Merawat pakaian dalam ternyata tidak semudah yang dibayangkan, bukan?? Tapi kalau anda ‘sayang’ badan, Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar diatas tidak bakal sulit untuk dilakukan, kok.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Cara Mencuci Pakaian Dalam Yang Benar

Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin

Pola makan orang modern membuat banyak orang rentan mengalami kekurangan vitamin. Baik itu karena asupan makanan yang tidak tepat atau penyerapannya kurang maksimal gara-gara gangguan pencernaan. Untuk itu ada baiknya anda mengetahui Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin.

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin

Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin

Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin — Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar tubuh kesehatannya tetap terjaga. Vitamin, karbohidrat, protein merupakan beberapa diantaranya zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama kandungan vitamin, karena vitamin merupakan zat yang sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh kita dalam jumlah yang cukup. Vitamin terdiri dari berbagai jenis dan berbeda manfaatnya untuk tubuh kita, beberapa diantaranya yaitu vitamin A, B, C, D, E dan masih banyak lagi jenis-jenis vitamin yang di perlukan tubuh lainnya. Jadi, sudahkan anda memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh anda ?

Tidak dapat kita pungkiri bahwa vitamin merupakan zat yang sangat kita butuhkan oleh tubuh kita setiap harinya. Sumber vitamin dapat kita temukan dalam dalam aneka buah-buahan dan sayuran, seperti halnya vitamin A dapat kita temukan dalam kandungan buah wortel atau vitamin C yang dapat kita temukan dalam kandungan buah jeruk. Oleh karena itu, begitu pentingnya untuk kita rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan, jika tubuh kita kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin maka tubuh akan mengalami penurunan kesehatan.

Tanda dan akibat kekrungan vitamin

1. Bibir pecah-pecah dan juga di sudut mulut

Tanda gejala pertama dari tubuh yang kekurangan vitamin yaitu seperti ada celah di sudut mulut atau juga bibir yang pecah-pecah. Tentunya masalah sudut mulut dan bibir yang pecah-pecah bukan saja karena kekurangan vitamin C (seperti yang dikira oleh banyak orang), tetapi juga karena kekurangan Vitamin B, zat besi dan Zinc.

Untuk mengatasi hal ini, maka kita dapat mengutamakan untuk makan-makanan seperti makan jeruk, jambu batu, daging unggas, ikan salmon, ikan tuna, telur serta tomat dan beberapa makanan sejenis dari yang disebutkan tersebut. Tubuh yang kekurangan vitamin B6 juga dapat menyebabkan ujung mulut atau bibir menjadi pecah sehingga perlu menambah menu makanan seperti sayuran hijau dan juga kacang-kacangan.

2. Benjolan (berwarna merah dan putih) di wajah, lengan, dan betis

Jika seseorang benjolan ini, maka ada kemungkinan orang tersebut kekurangan vitamin A dan juga vitamin D.Sehingga dengan mengkonsumsi vitamin cukup penting guna menurunkan lemak jenuh, dan juga dapat diganti dengan meningkatkan asupan lemak sehat. Kekurangan tubuh yang kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan (selain dari diatas) infeksi saluran pernafasan, menurunnya daya tahan tubuh, rabun senja, katarak.

Sedangkan akibat dari kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan otot yang mudah mengalami kejang-kejang dan juga pertumbuhan tulang yang tidak normal. Untuk mengatasi hal-hal diatas maka Anda dapat memakan makanan (untuk vitamin A) seperti ikan salmon, susu, sayuran hijau, wortel, ubi, paprika merah dan buah-buahan. Untuk vitamin D seperti susu, telur, minyak ikan, dan juga keju.

3. Kram otot (rasa tertusuk) di betis, punggung kaki, dan jari kaki

Kram otot terutama pada kaki seperti yang disebutkan diatas tentunya sangat terasa sakitnya. Rasa sakit tersebut terjadi karena tubuh yang kekurangan kalsium, magnesium, dan juga kalium. Untuk mengatasinya, maka utamakan untuk mengkonsumsi makanan seperti apel, anggur, labu, dan juga bayam.

4. Kesemutan pada kaki dan tangan

Rasa kesemutan dirasakan karena tubuh yang kekurangan vitamin B9, B6, dan B12. Sehingga disarankan untuk memakan makanan seperti bayam, kacang, telur dan juga daging unggas yang kaya akan kandungan vitamin B tersebut. Terakhir, perlu untuk sering diingat bahwa kesehatan merupakan hal penting dan sesuatu sangat dibutuhkan oleh manusia, sehingga rawatlah tubuh dengan sebaik-baiknya.

5. Muncul Sariawan

Menurunnya daya tahan tubuh, yang biasanya disertai dengan kulit kering dan bersisik, mulut kering, bibir pecah, serta sariawan merupakan gejala kekurangan vitamin B2. Untuk mencegahnya, yaitu perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B2, seperti sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur dan susu.

6. Gangguan Pada Syaraf

Gangguan pada syaraf dan otot, kemandulan pada pria dan wanita disebakan karena kekurangan vitamin E. Untuk mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, seperti ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan.

7. Anemia

Gejala kurang darah (anemia), yang biasanya disertai dengan mudah lelah, tubuh terasa letih dan lesu, serta penyakit kulit bisa menjadi ciri-ciri tubuh kekurangan vitamin B12. Untuk mencegahnya akibat dari kekurangan vitamin B12, maka perlu mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin B12 seperti telur, hati dan daging.

8. Mudah nyeri pada tubuh

Masalah infeksi pada luka, gusi yang berdarah, rasa nyeri pada persendian bisa menjadi penyebab tubuh kekurangan vitamin C. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, yaitu buah jeruk, jambu batu, tomat, nanas, sayur-sayuran segar dsb.

9. Kuku Pucat

Coba tekan kuku Anda dan lepaskan. Apabila saat ditekan kuku berubah menjadi pucat, lalu saat dilepaskan kuku kembali berwarna merah, maka itu artinya tubuh dlaam keadaan baik / normal. Adapun bila warna pucat tersebut terus terjadi (ditekan atau tidak ditekan sama saja), maka itu bisa jadi tubuh kekurangan zat besi. Untuk itu, seperti dijelaskan Dr. Mim Beim yang merupakan Ahli Neuropathy di Australia, disarankan mengkonsumsi makanan seperti daging merah, sayuran berdaun hijau, plum dan aprikot kering.

10. Tepi lidah bergerigi

Coba julurkan lidah, lalu perhatikan pada bagian tepinya bergerigi apa tidak. Jika iya, itu menandakan tubuh dalam kondisi lelah karena kurang istirahat. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin B kompleks, demikian yang dijelaskan Dr. Mim Beim, seperti dilansir dari Body Soul.

11. Kepala mudah berkeringat

Munculnya keringat di kepala bisa menjadi gejala tubuh kekurangan vitamin. Dr. Michael Holick, salah satu peneliti vitamin D di Mercola Foundation, menjelaskan bahwa munculnya keringat yang terlaliu seringa disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin D.

12. Gejala otot yang mudah kram merupakan akibat dari kekurangan vitamin B5. Untuk mengatsinya dengan mengkonsumsi makanan seperti daging, susu, sayur-sayuran, hati, kacang hijau.

13. Gejala gigi yang mudah rusak, otot yang rentan mengalami kejang-kejang, terjadi masalah pada pertumbuhan tulang bisa menjadi gejala kekurangan vitamin D. Untuk mencegahnya dan mengatasinya maka perlu mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin D seperti minyak ikan, susu, telur dan keju.

Demikian penjelasan dari kami mengenai Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin. Semoga apa yang kami kutif diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk update informasi bermanfaat mengenai kesehatan sehari-hari.

Tanda Dan Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Anda mungkin pernah memotong bawang dan mengalami sensasi pedas panas dan air mata berlinang atau justru mengalir deras?  yang Anda dapatkan dari aroma bawang. Pernahkah bertanya-tanya apa alasannya? Simak informasi lengkapnya beserta Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Selamat datang kembali di salah satu situs milik Alfian Herbal agen resmi Green World yatu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai jenis suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tercampur bahan kimia.

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang — Bawang merah, putih, bombay diperkaya oleh vitamin C, B1 dan B6, bersama dengan dosis tinggi dari kalium, fosfor, dan serat. Meskipun tidak semua orang menyukai bawang, bumbu dapur yang masuk dalam spesies tanaman Allium ini memiliki potensi untuk memerangi kolesterol jahat, menurunkan hipertensi, dan meminimalisir pembekuan darah.

Di sisi lain, minyak atsiri yang membantu memberikan bawang rasa khasnya mengandung sekelompok molekul organik yang disebut asam amino sulfoksida. Mengupas, memotong, atau menggeprek bawang melepaskan enzim lachrymatory-factor synthase, yang mengubah molekul-molekul ini menjadi sulfenic acid. Sulfenic acid, selanjutnya secara spontan melakukan pengaturan ulang untuk membentuk syn-propanethial-S-oxide. Ketika syn-propanethial-S-oxide (kombinasi dari asam sulfat, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfida) memasuki udara di sekitar hidung dan wajah Anda, kelompok senyawa ini membangkitkan refleks tangisan air mata.

Permukaan depan mata kornea memiliki beberapa tujuan, di antaranya perlindungan terhadap iritasi fisik dan kimia. Kornea dipadati oleh beragam serat sensorik dari saraf silia, cabang dari saraf trigeminal besar (yang membawa sentuhan, suhu), dan sensasi rasa sakit dari wajah dan depan kepala. Kornea juga menerima sejumlah kecil serat motorik otonom yang mengaktifkan kelenjar air mata (air mata). Ujung saraf bebas mendeteksi syn-propanethial-S-oxide pada kornea dan mendorong aktivitas dalam saraf siliaris yang ditafsirkan sebagai sensasi panas oleh sistem saraf pusat yang sesuai dengan konsentrasi senyawa ini. Aktivitas saraf ini secara refleks mengaktifkan serat otonom, untuk kemudian membawa sinyal kembali ke mata memerintahkan kelenjar air mata untuk membilas bersih iritan asing tersebut.

Reaksi pembentukan syn-propanethial-S-oxide memuncak sekitar 30 detik setelah kerusakan mekanis bawang dan melengkapi evolusi kimianya selama sekitar 5 menit.

Kumpulan senyawa aktif ini juga memadatkan diri untuk membentuk thiosulfinate yang bau, secara kebetulan memicu pelepasan bau tajam yang dikaitkan dengan memotong bawang, memunculkan tuduhan palsu bahwa penyebab kita menangis berasal dari mencium bau tak sedap tersebut. Padahal, enzim thiosulfinate menggunakan jalur kimiawi yang sama sekali berbeda, tidak mempengaruhi mata.

Inilah Tipsnya :

1. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong – Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selama beberapa saat. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

2. Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es – Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.

3. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam – Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir – Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang.

5. Mengunyah permen karet atau mengunyah makanan lain – Cara ini diklaim mampu mengurangi air mata yang mengalir. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah khususnya di area mata akan bergerak dan ‘menangkis’ zat pemerih mata.

6. Manfaatkan air yang mengalir – Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.

7. The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika Anda memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. The National Onion Association juga menyarankan untuk membiarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini dikarenakan ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

9. Adanya konsentrasi cuka di atas talenan juga dianggap bisa mengurangi air mata. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

10. Gunakan bantuan kipas angin – Kipas angin ini akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah Anda menangis saat memotong bawang.

Itulah beberapa Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang. Selain cara di atas, ada cara lain yakni memotong bagian atas bawang terlebih dahulu, membiarkan akar bawang tetap utuh saat dipotong. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba..

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk mengetahu informasi merarik dan bermanfaat seputar kesehatan.

Tips Agar Tidak Menangis Saat Mengiris Bawang

Manfaat Dan Bahaya Menjemur Bayi Di Bawah Sinar Matahari

Bayi memerlukan berbagai zat gizi makro dan mikro untuk menunjang pertumbuhannya, termasuk vitamin D. Tapi apakah sebenarnya baik menjemur bayi di bawah panasnya matahari? Untuk itu ketahui manfaat dan bahaya menjemur bayi di bawah sinar matahari.

Selamat datang kembali di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Manfaat Dan Bahaya Menjemur Bayi Di Bawah Sinar Matahari

5-cara-menjemur-bayi-dengan-benar

Manfaat Dan Bahaya Menjemur Bayi Di Bawah Sinar Matahari – Kita tahu bahwa sinar matahari pagi sangatlah baik bagi kesehatan. Hal tersebut juga berlaku bagi bayi-bayi Anda. Setelah dilahirkan, fungsi hatinya belum sempurna dalam proses pengolahan bilirubin. Dimana kadar bilirubin dalam darah si bayi sangat tinggi dan hal inilah yang menyebabkan bayi mengalami suatu proses fisiologis yang menyebabkannya bayi kuning. Untuk mengatasinya, para ahli kesehatan biasanya akan menyarankan cara alami untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menjemurnya di bawah matahari pagi.

Apakah baik menjemur bayi di bawah sinar matahari?

Sebagian besar bayi lahir dengan kadar vitamin D rendah di dalam tubuh, oleh karena itu bayi mengandalkan vitamin D yang berasal dari ASI, sinar matahari, dan suplementasi. Kekurangan vitamin D pada bayi dapat menyebabkan rickets, susah bernapas, dan berbagai gangguan kesehatan tulang. Oleh karena itu, banyak yang mempercayai bahwa menjemur bayi di bawah paparan sinar matahari itu baik karena dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dan mencegah kekurangan vitamin D pada tubuh.

Terapi matahari telah dilakukan pada pertengahan abad ke-19. Terapi ini dilakukan pada orang yang mengalami penyakit rickets yang disebabkan karena kekurangan vitamin D. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1958, terapi matahari pertama kalinya digunakan pada bayi untuk mengatasi penyakit kuning yang sering terjadi bayi yang baru lahir. Penelitian tersebut, menunjukkan bahwa menjemur bayi yang kuning setidaknya 10 menit dalam dua kali sehari dapat membuat kuning pada bayi menghilang secara perlahan. Hal ini disebabkan oleh sinar ultraviolet B dapat menguraikan kadar bilirubin yang berlebihan pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi kuning.

Untuk lebih jelasnya berikut uraian manfaat menjemur bayi di bawah sinar matahari :

  • Dapat menurunkan kadar bilirubin dalam darah

Bayi yang baru dilahirkan memiliki fungsi hati yang belum normal, sehingga hal tersebut mengakibatkan kadar bilirubin yang dihasilkan dalam darahnya tidak normal (terlalu tinggi). Hal inilah yang membuat bayi yang baru lahir terlihat kuning. Kadar bilirubin biasanaya akan mengalami kenaikan pada hari ke 3 hingga hari ke-5 pasca bayi dilahirkan dan hal itu akan menurun saat bayi memasuki usia 7 hingga 10 hari. Sinar matahari pagi mengandung spektrum sinar biru yang dapat membantu memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin kembali normal. Dan pada akhirnya efek kuning pada bayi dapat menghilang.

  • Membuat tulang bayi menjadi lebih kuat

Sinar matahari pagi mengandung kadar vitamin D yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa vitamin D sangat baik untuk tulang, yaitu untuk membantu kalsium agar mudah terserap dalam darah untuk selanjutnya dapat menyatu dengan tulang. Manfaat menjemur bayi di pagi hari akan menjadikan tulang lebih sehat dan kuat.

Penelitian :

Pada tahun 1822, seorang dokter yang berasal dari Polandia bernama J. Sniadecki, MD. Menyatakan bahwa anak-anak yang tinggal di kawasan terbuka, nyaris tidak ada yang menderita Rickettsia (gangguan pertumbuhan tulang). Sementara di kawasan daerah perumahan padat, kasus penyakit Rickettsia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Untuk itu ia menyarankan agar para orang tua menjemur bayi mereka di bawah sinar matahari pagi selama beberapa saat dengan tujuan untuk mencegah terjangkitnya wabah ricketsia tersebut. Pada awal abad ke-19, penemuan tersebut terbukti, yaitu dengan penurunan tingkat terjangkitnya wabah ricketsia pada bayi dan anak-anak secara drastis.

  • Untuk memberikan efek kehangatan pada bayi

Sinar matahari pagi dapat memberikan kehangatan pada bayi yang nantinya bermanfaat untuk mengeluarkan lendir-lendir yang bersarang di tenggorokan si bayi. Terutama bagi bayi yang berpotensi memiliki gangguan alergi.

  • Menghindarkan bayi dari stress

Bayi yang mengalami stress pasca dilahirkan biasanya mengalami bayi menangis terus menerus dan sering. Sinar matahari pagi juga dapat berkhasiat untuk melepaskan hormon endorphin atau yang biasa disebut dengan hormon anti-depresi dalam tubuh.  Sehingga bayi yang mendapatkan cukup sinar matahari pagi dapat terhindar dari stress maupun kejenuhan.

Risiko paparan sinar matahari bagi bayi

Namun mulai tahun 1970-an, banyak peneliti yang menyadari bahwa paparan sinar  matahari yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan melanoma. Oleh karena itu, American Academy of Pediatrics menganjurkan, anak yang berusia di bawah 6 bulan sebaiknya tidak terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh kulit bayi yang sensitif dan mudah iritasi jika dipakaikan tabir surya. Oleh karena itu lebih baik menghindarkan bayi yang baru lahir dari paparan matahari langsung.

Penyerapan vitamin D dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, warna kulit atau pigmen kulit, luas permukaan tubuh yang terpapar sinar, dan waktu terpapar. Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap berarti mempunyai pigmentasi kulit yang lebih banyak. Orang yang pigmentasi kulitnya lebih banyak, memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat memproduksi vitamin D. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin D jika paparan sinar mataharinya terhalang sesuatu, seperti kaca dan tabir surya. Namun, semakin lama terpapar di bawah sinar matahari, maka akan semakin tinggi risiko terkena kanker kulit dan kulit terbakar. Selain itu, untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, diperlukan setidaknya 20% dari luas permukaan kulit yang terkena paparan sinar matahari.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa menentukan seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan anak untuk memproduksi vitamin D sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun beberapa peneliti menganjurkan bahwa untuk menjaga konsentrasi vitamin D yang stabil dalam tubuh, sebaiknya menjemur anak selama 5 hingga 30 menit antara pukul 10 pagi dan 4 sore, dan dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu hari.

Tips Menjemur bayi yang baik dan benar

  • Memakai tabir surya yang mengandung SPF 15 atau lebih dan dipakai ulang setiap dua jam sekali atau setelah anak berkeringat. Namun pemakaian tabir surya untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan harus diminimalkan, karena kulit bayi yang masih tipis dan sensitif.
  • Menjemur bayi setiap jam 10 pagi dan jam 4 sore, dan hindari paparan sinar matahari terkena muka, apalagi mata karena akan merusak retina bayi. Biarkan tangan dan kaki yang terkena paparan sinar matahari.
  • Menggunakan baju yang nyaman dan tipis saat menjemur bayi. Jika perlu pakaikan topi pada bayi untuk melindungi muka, leher, dan telinga bayi.

Itulah informasi mengenai manfaat dan bahaya menjemur bayi di bawah sinar matahari. Dari penjelasan di atas kita bisa tahu bahwa proses menjemur bayi merupakan hal yang sangat penting dan menyehatkan bagi pertumbuhannya. Akan tetapi dalam melakukan proses tersebut, sebaiknya juga memperhatikan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan, guna menghindari timbulnya berbagai dampak negatif bagi bayi itu sendiri.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat seputar kesehatan.

Manfaat Dan Bahaya Menjemur Bayi Di Bawah Sinar Matahari

Efek Samping Dari Keseringan Makan Pedas

 Bagi sebagian orang tidak lengkap rasanya kalau menikmati masakan kalau tidak ada rasa pedasnya. Tapi tahukan anda efek samping dari keseringan makan pedas??

Selamat datang kembali di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal berkhasiat terbesar dan terpecaya dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia juga sudah dipasarkan di 20 negara.

Dampak Keseringan Makan Pedas

makan_cabaiEfek samping dari keseringan makan pedas – Jika kamu salah satu penggemar makanan pedas, sebaiknya kurangilah kebiasaan mengkonsumsi kudapan pedas secara berlebihan. Rasa pedas sebenarnya juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta mengandung sumber vitamin A, B, C dan E.

Akan tetapi jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan berbahaya bagi kesehatan, khususnya untuk lambung.

Makanan yang memiliki rasa enak dan pedas yang menjadi favorit menu makanan, ternyata memiliki dampak dan bahaya bagi tubuh. Ditambah lagi jika sambal tersebut memiliki level tingkat kepedasan yang jauh dari ambang batas. Ini sudah pasti menimbulkan gangguan-gangguan pada tubuh yang secara tidak sadar akan berdampak permanen yang tidak menutup kemungkinan penyakit yang ditimbulkan bisa kronis.

Lalu apa saja gangguan dampak berbahaya dari keseringan makan makanan pedas dengan tingkat kepedasan tinggi? berikut diantaranya :

images

  • Bahaya Bagi Lambung. Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda.
  • Penyebab Maag Akut. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare.
  • Penyebab Tukak Lambung. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
  • Insomnia. Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman.
  • Hilangkan Nafsu Makan. Makanan pedas mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan yang berasa pedas untuk kesehatan tubuh anda.
  • Penyebab Badan Kurus. Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus.
  • Sakit Kepala. Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

Setelah anda membaca artikel diatas, kini anda jadi lebih tahu efek samping dari keseringan makan pedas bukan?? Jika anda pecinta pedas, maka anda harus hentikan kebiasaan makan pedas ini, sebelum akhirnya akan menyebabkan sakit perut yang terlalu parah, seperti kanker usus yang dialami tubuh. Belum lagi biji cabai yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menempel dan menumpuk di dinding usus yang menyebabkan ginjal.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahsakitgigi.wordpress.com untuk update info seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami

EFEK SAMPING DARI KESERINGAN MAKAN PEDAS